MENULIS MATEMATIKA

MENULIS MATEMATIKA, cukup aneh bukan judulnya.

Mustahil untuk memisahkan kekakuan Matematika dalam menuliskan bukti yang tepat, “kaku” di sini mengartikan bahwa Matematika merupakan ilmu yang secara universal sepakat sebagai ilmu yang lebih mengedepankan logika dengan runtutan yang jelas dan tidak bertentangan dengan definisi-definisi yang digunakan di dalamnya. Penulisan Matematika atau paper ilmiah tentang Matematika yang baik diperlukan untuk mempertahankan alur logika dari suatu argumen yang ditulis, untuk menunjukkan kekonsistenan Matematika, dan banyak lagi. Seorang pembaca tidak mungkin akan menggunakan suatu tulisan Matematika sebagai literatur jika tulisan tersebut dalam penggunaan bahasa, tanda baca, dan literatur di dalamnya tidak baik. Lebih jauh lagi, tidak mungkin ada instruktur/pembimbing yang mau menerima karia tulis tersebut tanpa ada perbaikan di dalamnya. Menulis amatematika dengan baik belum terlalu ditekankan pada seseorang yang masih mulai belajar Matematika, akan tetapi kemampuan tersebut sangat dibutuhkan saat belajar Matematika di tingkat lanjut, penempuh gelar Master misalnya. Meskipun begitu, alangkah baiknya jika kemampuan tersebut sudah mulai dilatih di setiap mengerjakan Matematika, belajar Matematika.
Secara detailnya, matematikawan menuliskan setiap bukti dari suatu permasalahan dengan menggunakan tata bahasa yang baik, dengan kalimat-kalimat yang lengkap, dan tatanan bahasa yang benar. Bahkan simbol Matematika banyak dimunculkan di dalamnya demi efisiensi penyajian bukti. Pembuktian dua kolom pada geometri misalnya, pembuktian ini digunakan untuk siswa SMA, akan etapi jenis pembuktian ini tidak digunakan pada saat kelas geometri di kelas perkuliahan (kecuali pada aspek tertentu yang memang harus menggunakan cara pembuktian tersebut).
Notasi Matematika dan Istilah Matematika, Matematika tidak hanya “tentang” bukti-bukti dan logik, dan juga tidak hanya “tentang” pengaburan istilah dan notasi/simbol (seperti penggunaan huruf yunani, greek), hal tersebut merupakan stenografi sederhana untuk menggantikan ekspresiyang tidak praktis. Misalkan saja mengerjakan persamaan 3x+5=5x-7 akan lebih menyenagkan dibandingkan mengerjakan persamaan tersebut dengan menggunakan frase “jumlah dari tiga kali bilangan tidak diketahui dan (tambah) lima sama dengan selisih antara bilangan lima kali bilangan tidak diketahui dan tujuh”, jika hal ini dilakukan oleh semua matematikawan maka buku-buku teks Matematika akan lebih tebal dari semua kamus bahasa di dunia dan hal tersebut akan mengkacaukan esensi dari Matematika tersebut, yaitu menyederhanakan suatu permasalahan. Disamping itu, penggunaan simbol Matematika merupakan suatu hal yang sangat baik, yaitu penyederhanaan. Perlu juga diketahui bahwa Matematika tidak hanya memanipulasi simbol saja akan tetapi setiap simbol tersebut memiliki makna yang berbeda dan itulah yang terkadang menjadi daya tarik tersendiri dari Matematika.
Dari tulisan ini dapat ditarik initinya bahwa Matematika memerlukan dasar ilmu yang lain yaitu tata bahasa dalam menulis. Matematika merupakan ilmu yang mengutamakan keruntutan dan ketepatan logika sehingga tidak terjadi kontradiksi dari setiap kata dan notasi yang tertuliskan. Matematika merupakan ilmu yang mengedepankan keefisienan sehingga tidak ada kata dan notasi yang tidak diperlukan muncul di dalamnya.

2 thoughts on “MENULIS MATEMATIKA

  1. Sangat menarik!
    Untuk lebih sukses coba metode APIQ.
    APIQ membantu Anda meraih sukses dengan menguasai matematika kreatif yang asyik. Matematika yang dulunya susah, kini menjadi mudah bersama APIQ. Anda berhak untuk menjadi jago matematika. Buktikan langsung dengan menggunakan metode APIQ.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s