KETELITIAN DAN KESADARAN MATEMATIKA

Pada matematika ada hal-hal penting yang diperlukan untuk mempelajari matematika, ketelitian dan kesadaran pada metematika itu sendiri  karena :

  1. Ketelitian, poin ini sangatlah penting, kenapa? karena saat mengerjakan suatu permasalahan pada matematika seringkali kita dihadapkan dengan persoalan yang terlihat sangat rumit padahal ketika kita cukup teliti melihat soal tersebut kita akan menemukan kunci sehingga dapat menemukan solusi nya dalam waktu sekian detik saja. Ini pengalaman saya sendiri saat saya diberi soal oleh teman saya, begini soalnya : (a-k)\times (b-k)\times ...\times (z-k)=.... Saya sepontan menjawab dengan jawaban a.b.c.d...z + k(a.b.c....z) + k^26 dan teman saya menyalahkan kemudian memberikan jawabannya, yaitu 0. Saya masih belum yakin dengan jawaban tersebut, bagaimana mungkin bisa ketemu 0, saya mencoba menjabarkan seperti ini :
    (a-k)\times(b-k)=a.b-a.k-b.k+k^2
    (a-k)\times(b-k)\times(c-k)=(a.b-a.k-b.k+k^2)\times(c-k)
    =(a.b.c)-a.c.k-b.c.k-a.b.k+a.k^2+b.k^2-k^3 dan seterusnya.
    Saya berfikir bahwa bentuknya akan selalu dalam bentuk penjumlahan dan pengurangan yang tidak akan ada yang sama sehingga saling mengurangi. Selain itu saya berfikir juga bahwa tidak akan pernah sama dengan nol meskipun k=0. Betapa bodohnya saya ketika saya menyadari bahwa soal tersebut menipu saya dan saya mau ditipunya. Parahnya lagi, saya mengupload hasil kerja saya dan dengan PD-nya saya mengatakan tidak akan pernah sama dengan nol. Karena saya tidak memperhatikan bahwa ada kunci permasalahan yang mengecohkan saya sehingga saya tidak mengetahui di mana dia berada, yaitu (k-k) dan soal tersebut merupakan soal perkalian biasa. Inilah mengapa ketelitian sangat diperlukan dalam mempelajari matematika. Ketelitian di sini adalah memahami persoalan secara utuh dan menelaah soal secara utuh juga. Saya hanya melihat bentuk awalnya yaitu (a-k)\times(b-k)\times ... \times(z-k), tidak pernah menyadari bahwa k merupakan abjad yang terdapat di dalam soal tersebut. Jadi intinya, telitilah!
  2. Kesadaran. Mungkin bingung saat membaca kesadaran di sini sebagai poin penting dalam belajar matematika. Saya memilihnya sebagai hal yang penting karena kesadaran akan kemampuan dalam diri sendiri harus disadari. Dalam hal ini kita mampu mengukur sejauh mana kita menguasai suatu permasalahan pada matematika. Sehingga kita akan terus mencari artikel-artikel, jurnal-jurnal, ataupun karya ilmiah dan kemudian mengkajinya secara detail sebagai salah satu proses dalam meningkatkan kemampuan analisis permasalahan pada matematika. Intinya, sadarlah!

Leave a Reply

