Materi limas dan prisma SMP 8

Materi limas dan prisma kelas 8 SMP, sepertinya sudah banyak yang bisa ya, sebab dasarnya sudah disampaikan di saat kelas 6 SD, pada bangun ruang balok dan kubus.
berikut corat – coret saya, semoga bermanfaat. ^_^

  1. Prisma

Definisi prisma berdasarkan Encyclopedia of Mathematics oleh James Tanton, halaman 411, sebarang polyhedron (bangun ruang dengan banyak sisi) yang dibatasi dua sisi berbentuk polygon (segi banyak / segi – n) yang sejajar dan kongruen, serta sisi – sisi lainnya berbentuk parallelograms (persegi panjang). Secara spesifik dapat didefinisikan juga sebagai tabung (cylinder) dengan bidang alas polygon (segi banyak / segi – n).

Pemberian nama prisma berdasarkan apa bidang alas prisma tersebut. Jika bidang alas prisma berbentuk segi lima maka disebut sebagai prisma segi lima.
Nah, rumus volume prisma adalah :

V=Luas Alas \times Tinggi

Prisma sendiri dibagi dua macam, yaitu prisma tegak dan prisma condong / prisma miring. Perhatikan gambar berikut ini.

prisma smp kelas 8
Berikut ini adalah nama bagian – bagian dari prisma :
a. Titik A, B, C dan D adalah titik – titik sudut prisma
b. \triangle{ABC} adalah bidang atas prisma
c. \triangle{DEF} adalah bidang alas prisma
d. Bidang ACFD, BCFE dan ABED adalah sisi tegak prisma
e. AD, CF dan BE adalah rusuk – rusuk tegak prisma.

2.   Piramid

Definisi piramid berdasarkan Encyclopedia of Mathematics oleh James Tanton, halaman 423, sebuah kerucut dengan bidang alasnya berupa segi – n. Piramid juga dapat dikatakan sebagai bangun ruang yang terbentuk dari sebuah segi – n dan beberapa segitiga. Titik temu segitiga dari semua titik ujung segitiga pada satu titik disebut sebagai APEX piramida.

Pemberian nama pada limas juga sama dengan pemberian nama pada prisma, yaitu berdasarkan apa bidang alas dari limas tersebut.

Volume = \frac{1}{3} \times Luas Alas \times Tinggi

limas smp kelas 8Perhatikan bangun limas di atas, berikut nama – nama bagian dari limas T.ABCD.

a. Titik A, B, C, D adalah titik sudut bidang alas limas segi empat, dan T adalah titik puncak limas.

b. \bar{TA}, \bar{TB}, \bar{TC}, \bar{TD} adalah rusuk tegak limas.

c. \triangle{TAB}, \triangle{TBC}, \triangle{TCD} dan \triangle{TAD} adalah sisi tegak limas.

d. \bar{AB}, \bar{BC}, \bar{CD}, \bar{AD} adalah rusuk bidang alas limas.

e. \bar{TO} adalah tinggi limas.

*Ingat ya!!!

  • Semua panjang rusuk tegak prisma beraturan adalah sama panjang.
  • Semua panjang rusuk tegak limas beraturan adalah sama panjang.
  • Pengertian kongruen adalah dua bangun datar yang sama besar baik panjang sisi dan sudut – sudut yang bersesuaian.
  • Pengertian luas permuakaan dari bangun ruang adalah jumlah dari semua luas sisi – sisi bangun ruang tersebut.

Selanjutnya masuk ke rumus – rumus yang biasanya digunakan :

Jika diketahui suatu prisma dengan banyak sisi n dan ditanyakan berapap banyak diagonal bidang alas, banyak bidang diagonal prisma segi – n, dan banyak diagonal ruang prisma segi – n. Berikut ini rumusnya ya,

Banyak diagonal bidang alas prisma segi n = \frac{n(n-3)}{2}

Banyak bidang diagonal prisma segi – n\frac{n(n-3)}{2}

Banyak diagonal ruang prisma segi –n = n(n-3)

Selanjutnya adalh jaring – jaring bangun limas dan prisma. Berikut ini jaring – jaring bangun tersebut :

Prisma 

jaring jaring prisma

Limas

jaring jaring limas

Cara membuat jaring – jaring limas dan prisma sangatlah mudah sekali, bayangkan saja kita sedang memiliki kardus yang berbentuk prisma atau limas dan kita membuka masing – masing sisi kardus tersebut yang saling merekat. Nah, jika kita sudah bisa membuat jaring – jaring bangun kita akan juga dapat menghitung luas permukaan bangun ruang tersebut.

Terimakasih banyak telah berkunjung, salam hangat selamat belajar. =(^_^)=

11 thoughts on “Materi limas dan prisma SMP 8

    • Tinggi limasnya Mbak Fatin. Jadi dari puncak limas di tarik garis tegak lurus ke alas limas, itulah tinggi limas. Untuk tinggi segitiga, nantinya digunakan untuk mencari luas permukaan limas itu sendiri. Semoga bermanfaat. Terimakasih sudah berkunjung.🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s