Biografi John Louis von Neumann

Karena saya mengganti header saya dengan quote – nya Neumann. Saya jadi ingin menulis biografi sedikit tentang siapa John Louis von Neumann. Seorang ilmuan yang lahir pada tanggal 28 Desember 1903 di Budapest, Hongaria dan dia meninggal pada tanggal 8 Februari 1957 di Washington DC.

biografi von neumann

Von Neumann adalah seorang matematikawan yang jenius. Neumann kecil dianggap sebagai anak ajaib karena dia saat umur 6 tahun memiliki kemampuan menghafal yang luar biasa. Pada usia enam tahun, ia mampu bertukar lelucon dengan ayahnya tentang Yunani klasik. Kadang-kadang, keluarga Neumann menghibur tamu dengan demonstrasi kemampuan Johnny [panggilan Neumann] untuk menghafal buku telepon. Seorang tamu akan memilih halaman dan kolom dari buku telepon secara acak. Johnny muda membaca kolom selama beberapa kali, kemudian menyerahkan buku kembali ke tamu. Dia bisa menjawab pertanyaan yang diajukan kepadanya (yang memiliki nomor ini dan itu?) Atau membacakan nama, alamat, dan nomor secara berurutan.

Neumann masuk sekolah pertamanya di Lutheran Gymnasium dan disitu ia menerbitkan makalah pertamanya pada umur 18 tahun, kalo saya umur 18 tahun masih baru lulus SMA dan ini sudah menerbitkan makalah tentang matematika sekelas.

Kemudian dia diterima di University of Budapest jurusan matematika sekaligus diterima masuk di University of Berlin jurusan Kimia. Akan tetapi dia memilih untuk masuk di Universitas Berlin untuk belajar kimia selama 3 tahun kemudian dia pergi ke Zurich. Neumann mendapatkan prestasi yang menakjubkan setelah mengikuti ujian matematika di Universitas Budapest meskipun dia tidak pernah mengikuti perkuliahannya. Von Neumann memperoleh ijazah sebagai sarjana teknik kimia dari Technisch Hochschule pada tahun 1926. Saat di Zurich, dia terus mempelajari matematika dan juga kima.

Von Neumann memperoleh gelar doktor nya pada tahun 1926 dengan judul tesisnya teori himpunan. Dia menulis definisi Ordinal number saat dia berumur 20 tahun, salah satunya adalah definisi yang digunakan sekarang. Ini nih link definsi Ordinal Number nya (klik).

Neumann menjadi dosen pada umur 23 tahun di Berlin selama 3 tahun dan di Hamburg pada usia 26 tahun selama 1 tahun. Yaa begitulah cerita singkatnya di proses dia belajar dan sampai menjadi doktor dan terus berkaria di bidangnya. Ini salah satu teorema yang terkenal ini link nya, saya baca teoremanya pusing, apalagi ketemu notasi-notasinya, barang kali ada yang mau jadikan skripsi (von neumann theorem).😀

sumber :

www-mathworld.wolfram.com
www-history.mcs.st-and.ac.uk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s