Cara meningkatkan Traffic di Blog

Pas iseng – iseng buka blog wordpress saya, ga sengaja baca “How to Get More Traffic”, atau bahasa jawanya bagaimana cara meningkatkan traffic blog kita. Udah deh, mencoba menulis apa yang diterangkan blog wordpress.

cara meningkatkan trafficCara Meningkatkan Traffic Blog

Pada saat saya pertama kali membuat blog, yang ada difikiran saya pertama kali adalah, “siapa yang melihat blog saya ini?”, “apakah saya satu-satunya orang yang melihat tulisan saya sendiri?”. Lucu kan kalau membuat blog tapi yang mengkonsumsi sebagai pembacanya dan sebagai pengunjungnya adalah pembuat blog itu sendiri. Tapi memang butuh waktu untuk mendatangkan pengunjung dan juga butuh usaha lebih untuk mencari ide tulisan apa yang masih unik.

Nah, Kang WordPress memberikan saran-sarannya kepada para blogger untuk melakukan beberapa tips berikut ini :

1. Update your “About Page” atau buat satu halaman tentang siapa anda, biografi singkat tentang siapa anda, tentang apa blog anda, dengan begitu pengunjung pertama anda tidak ada pertanyaan tentang siapa yang menulis. Bisa juga anda tambahkan FAQ (Frequently Ask Question), yaitu pertanyaan yang paling sering akan ditanyakan, alangkah baiknya anda bautkan halaman tersendiri di blog anda. Mungkin ini kali ya yang namanya tak kenal maka tak sayang.

2. Turn on Publicize. Di WordPress anda dapat mengatur blog anda agar dapat share setiap postingan terbaru anda via Facebook, Twitter, Yahoo, atau LinkedIn anda. Dengan anda share setiap postingan anda akan membantu meningkatkan traffic blog anda.

3. Turn on Sharing. Mengaktifkan tombol sharing agar para pengunjung yang merasa puas dengan tulisan anda dapat membagikan tulisan anda ke akun jaringan sosial mereka, blog mereka, atau bahkan melalui email mereka.

4. Let readers subscribe by email. Nah ini juga penting, seringkali kita melalalikan bahwa email juga salah satu alat untuk meningkatkan traffic. Jika anda mengaktifkan widged berlangganan (subscriptions widget), pengunjung anda kalau ingin berlangganan tulisan anda akan mendapatkan notifikasi melalui email mereka. Dengan begitu anda tidak perlu susah-susah mengabari mereka dengan posting terbaru anda begitu juga sebaliknya, mereka tidak perlu menulis alamat blog anda lagi.

5. Post regularly. Ini yang menurut saya cukup membutuhkan kerja keras, karena jika kita ingin traffic blog kita meningkat, kita harus sering posting di blog kita. Dengan begitu blog kita tidak terasa usang bagi pengunjung blog yang baru saja masuk. Dan mereka akan berharap anda memposting lagi hal-hal yang informatif dan menarik.

6. Write well. Ini juga butuh latihan yang tekun agar dapat membuat tulisan yang bagus dan rapih. Mudah difahami sehingga pengunjung yang datang akan kembali lagi ke blog anda. Pengunjung akan enggan kembali ke blog anda ketika tulisan kita dirasa mereka kurang bisa difahami dan asal menulis saja.

7. Pick good titles. Pilih judul yang menarik. Buatlah judul postingan anda layaknya judul berita di koran. Judul di koran sangat menarik, bahkan terkadang kita tertipu oleh judul, benar bukan? tapi bukan yang itu yang dimaksud WordPress ini. Judul yang pendek, informatif, dan relevant.

8. Link to blogger like you. Ketika anda menaruh link blog lain di blog anda, mereka akan mendapatkan notif (via a pingback) bahwa seseorang telah menandai blog mereka. Mereka pasti akan tertarik untuk mengunjungi blog anda, jika mereka suka dan menemukan sesuatu yang ingin mereka cari, mereka akan memberikan tautan dengan link anda pada tulisan mereka.

9. Comment on other blogs like yours. Dengan browsing untuk mencari blog yang memiliki ketertarikan sama dengan blog kita dan meninggalkan komentar pada postingan mereka dengan baik dan sopan relevant, akan memberikan peluang bagi mereka untuk mengunjungi blog kita. Ini juga salah satu cara untuk mendapatkan backlink bagi blog kita.

10. Balaslah setiap komentar yang masuk di Blog anda, dengan begitu pengunjung akan sangat senang untuk kembali lagi karena keramahan anda.

11. Selanjutnya, buatlah tulisan yang diinginkan oleh pengunjung blog anda. Topik yang mereka inginkan dan buat sebagus mungkin sesuai kemampuan anda.

12. Tambahan dari mas dhanny, kakak kelas saya di sewaktu saya kuliah. Daftarkan blog anda di Google, Yahoo, dan Bing, ini akan sangat membantu juga untuk meningkatkan traffic blog anda. Kunjungi blog dia ya, bagus  banget blognya, harus banyak berguru sama mas dhanny ini. Ini dia linknya “klik“.😀

Happy Blogging

Sumber :

en.blog.wordpress.com

8 thoughts on “Cara meningkatkan Traffic di Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s