Pengalaman baru bermitra menjadi agen marketing RayWhite

Berawal teman saya bicara tentang property (meminta bantu cari info lebih tepatnya :D) dan kemudian bertemu dengan teman lain yang membicarakan property, dan ditambah lagi lihat status BBM teman menulis tentang property, saya tertarik dan browsing eh ketemu RayWhite.

Masuk di websitenya yang berlokasi di Surabaya dan Tadaaaa, ketemu, RayWhite Bukit Darmo Golf. Saya cari pojok – pojok halaman dan saya menemukan kontaknya, udah deh saya telepon. Setelah beberapa menit, diangkat sama seorang perempuan. Tanya – tanya, bisa atau tidak untuk bergabung menjadi agen marketing di RayWhite dan ternyata boleh.

Setelah menelpon dan mendapat informasi bahwa hari sabtu ada dikantor manakernya, udah deh, sabtu pukul 14.++ WIB pergi ke kantornya, dan mengecewakan sekali, kantor sudah tutup, ternyata buka sampai pukul 13.00 WIB saja. Oke, saya rencana telpon lagi hari senin.

Halo…, si mbak yang kemarin ternyata menelepon duluan, dan disuruh datang hari iniΒ pukul 14.30 WIB, saya meng – iya- kan saja. Siap, saya meluncur dari Sidoarjo ba’da shalat dzuhur. Perjalanan saya lalui, melewati sawah, melewati sungai, jembatan, truck, tronton, taxi, dan banyak lagi.πŸ˜€ Dan akhirnya saya sampai ditujuan pukul 14.25 WIB, ah lumayan kurang 5 menit. Saya masuk dan dipersilahkan duduk oleh Bapak Sugeng dengan ramah, saya menunggu, dan kemudian datang Bapak Dedy, beliau duduk dan berbincang-bincang dengan saya beberapa saat, menjelaskan hal-hal yang penting kalau menjadi agen marketing di Ray White. Saya perhatikan dan saya mencoba mengingat poin pentingnya dan kemudian Pak Dedy permisi karena ada client yang mau ditemui. Sebelum pergi, beliau bilang, hari Rabu pukul 11.00 WIB untuk datang ke kantor lagi ada meeting dengan marketing-marketing lainnya, saya meng-iya-kan.

property ray white

Hari Rabu telah tiba, saya datang di kantor pukul 10.55 WIB, lagi-lagi saya usahakan 5 menit sebelum waktu yang diinginkan. Saya tunggu beberapa menit dan akhirnya dipersilahkan ke lantai atas, di atas telah ada Ibu-Ibu marketing, kebanyakan cewek, saya sendiri calon Agen Marketing yang cowok pada saat itu, tapi ada sebenarnya yang laki-laki lainnya, hanya saja tidak hadir waktu itu. Saya masuk, dan dipersilahkan masuk oleh Ibu Ita atau Ibu Ika ya, lupa saya nama panggilannya, saya manggilnya Mbak, mau penggil Ibu kog ga nyaman, biar deh, akhirnya tetap panggil mbak.

Mbak Ita/ika tadi mempersilakn duduk dan kemudian diberikan pengarahan sedikit, kalau di Ray White, banyak sekali agen yang keluar masuk, karena kurang fokus, nah biar fokus dan menghasilkan, disisi lain juga ada rasa tanggungjawab yang tinggi dari dirinya, calon agen harus mengikuti pelatihan, yang singkatannya ATP. Pelatihan itu selama 1 minggu dan dikenakan biaya Rp.900.000,00. Saya berfikir sejenak, ah, uang lagi, tapi saya juga sadar, ilmu memang mahal, okelah saya coba. Semuanya diniatkan belajar dan berusaha, siapa tahu ini jalannya.πŸ˜€ (Kalimat menghibur diri muncul).

Setelah itu, Mbak Ika/Ita (maaf mbak, lupa namanya) tadi menanyakan kepada saya, yakin atau tidak ikut di agen marketing Ray White? karena tidak ada gaji pokok di sini, hanya ada insentif dari hasil penjualan rumah atau property lainnya. Saya berfikir sejenak, dan mengatakan ini untuk langkah panjang, bukan hari ini saja, saya bilang, “iya, mbk”. Udah deh, dipersilahkan gabung dengan marketing-marketing lainnya dan selanjutnya memperkenalkan diri saya (dengan GROGI), karena lama ga bicara didepan orang banyak.

Meeting berlangsung cukup kondusif, untuk ukuran meetingnya marketing, karena meetingnya marketing pasti ada telpon yang masuk, dan itu wajib diangkat bagi seorang marketing, siapa tahu prospek.πŸ˜€

Nah, selanjutnynya, menunggu kabar dari Mbak ita/ika tadi tentang waktu pendaftaran ATP tadi.πŸ˜€ sekian. Salam Kerja Cerdas Kerja Keras dan Sukses!!!

8 thoughts on “Pengalaman baru bermitra menjadi agen marketing RayWhite

    • Yang baru saya jual 3 dan sewa 4 unit rumah. Nilai total semuanya sekitar Rp.5,8M.πŸ™‚ cuman harus sabar banget mas jual dan menyewakan properti. Apalagi krisis kayak gini.
      Hanya saran, kalau mau serius di bisnis ini alangkah lebih baik punya bisnis sampingan yang udah punya pemasukan perbulan. Biar bisa buat jalanin. Hehe
      Semoga sukses!!!

      • Hanya tips awal dari saya pribadi ya Bu Melani.
        – Usahakan dalam setiap mengikuti Product Knowledge mendapatkan kontak broker lain. Karena dengan begitu kita dapat memperluas relasi dan memperbesar peluang untuk closing.
        – Kalau ketemu dengan klien, vendor, atau siapapun yang kita anggap calon prospek yang bagus, kita berikan kartu nama kita.
        – Modal utama marketing adalah barang yang dijual (selain skill marketingnya sendiri). Layaknya toko. Kita sediakan barang sebanyak mungkin. Nanti dikemudian, pasti kemampuan memilih barang yang cepat laku atau tidak terlatih di situ.sehingga bisa lebih fokus pada beberapa properti saja.
        – Untuk mendapatkan calon buyer, sebagai marketing yang pertama bergabung. Iklankan di koran, sebar brosur, dan gunakan internet. Dalam kasus saya di surabaya, memasang flayer didenda oleh satpol pp. Jadi sesuaikan cara mengiklan anda dengan aturan yang ada. Sehingga tetap mengikuti aturan.

        Mungkin itu saja. Semua hal itu yang saya lakukan saat pertama kali gabung. Semoga bermanfaat. Sukses selalu Bu Mel.
        Untuk melihat produk yang terbaru. Coba kunjungi resellerrumah.com.

  1. Gimana cara awal daftar ke ray white? Apakah langsung datang ke kantornya atau mengirim email atau formulir terlebih dahulu? Terimakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s