Bagaimana cara menjadi agen marketing ray white

Lama tidak posting di blog usang saya ini, karena saya disibukkan dengan bagaimana menemukan jalan mencari rezeki yang halal dan mudah.😀 Kali ini saya ingin berbagi tentang bagaimana cara menjadi agen marketing Ray White. Ini juga termasuk pengalaman saya dalam rangka mencari rezeki yang halal dan memiliki nilai penghasilan yang cukup besar (jika berhasil :D).

Mungkin bagi anda yang sering up to date tentang info mengenai property pastilah tahu jika ada orang yang mengatakan Ray White. Ray White merupakan perusahaan properti yang telah eksis kurang lebih 100 tahun, perusahaan ini masuk di Indonesia pada tahun1997 yang menarget lingkup pasar di bidang properti. Prestasi – prestasi Ray White yang telah dicapai adalah sebagai berikut ini :

  • Memasuki pasar properti Indonesia pada tahun 1997.
  • Ditunjuk sebagai penyelenggara lelang resmi untuk penjualan aset milik Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN)
  • Memiliki jaringan lebih dari 150 kantor yang beroperasi dan dimiliki secara individu.
  • Mempekerjakan lebih dari 3.000 staff.
  • Menyediakan pelayanan yang menyeluruh untuk yang menjawab kebutuhan klien.

Nah, di atas merupakan sekilas tentang siapa Ray White itu. Lengkapnya kunjungi langsung saja websitenya ini. Setelah anda tahu apa itu Ray White, saya melanjutkan cerita saya.

agen marketing ray white

Cara menjadi agen marketing Ray White sangatlah mudah. Berikut ini langkah – langkahnya :

1. Niat ~> Anda harus benar-benar memiliki niat untuk menjadi agen marketing dan anda harus tahu dulu bahwa menjadi agen marketing di Ray White tidak diberikan gaji Pokok, hanya diberikan insentif dari hasil penjualan kita yang telah closing. Akan tetapi, di sinilah kelebihannya, ketika anda berhasil closing dengan nilai transaksi penjualan 1 Miliar, maka, saat itulah insentif anda sangatlah besar, bagaimana tidak besar, karena kita mendapatkan sekitar 2,5% dari total harga transaksi. Bagaimana? anda sudah mulai menghitung insentifnya? hehehe

2. Tentukan agen Ray White terdekat ~> Ini sebenarnya bukan suatu hal yang penting, akan tetapi, ketika lokasi kantor agen Ray White dekat dengan rumah anda secara tidak langsung anda akan lebih menghemat biaya transportasi dan tenaga untuk menuju ke kantor Ray White tersebut. Jadi alangkah baiknya pertimbangkan hal ini juga. Setelah anda menemukan kantor Ray White yang akan anda tuju, telponlah terlebih dahulu kantor Ray White yang akan anda tuju untuk menanyakan apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi agen marketing Ray White. Selanjutnya, tanyakan kapan anda dapat bertemu dengan staff atau dengan pimpinannya.

3. Datang ke kantor ~> Setelah anda diberikan waktu untuk datang ke kantor, maka anda sudah dapat menjadi agen marketing dengan memberikan informasi mengenai anda (Alamat, No.HP, Foto). Kemudian anda diberikan beberapa fasilitas yaitu kartu nama dan alamat email dan juga surat keterangan berstempelkan perusahaan yang menjadi agen Ray White tersebut untuk anda pegang sebagai tanda bukti anda telah resmi menjadi agen marketing Ray White di alamat yang anda tuju tersebut.

3. Persiapkan mental ~> Terlihat sedikit horor ya? sebenarnya bukan mempersiapkan mental untuk menghadapi pressing atau sesauatu yang bikin kita ketakutan, akan tetapi siapkan mental untuk belajar, aktif bertanya, aktif bersosial, dan aktif mencari informasi tentang properti dan seluk beluknya. K

Karena saya belum memiliki pengalaman yang banyak, jadi cukup ini saja info yang bisa saya bagikan. Oia, beberapa agen Ray White mewajibkan calon agen marketing untuk mengikuti pelatihan ATP (Acceleration Training Program) dan ada juga yang tidak tergantung kebijakan masing – masing.

Semoga bermanfaat. Salam Kerja Cerdas, Kerja Keras, dan Sukses!!!

40 thoughts on “Bagaimana cara menjadi agen marketing ray white

  1. Mau tanyakan, apakah d ray white itu ada jam kantor atau bisa part time? Seandainya ada jam kantor, apakah ada denda yg dberikan apabila absen/ijin?

    Terima kasih

    • To : cing cing.
      Salam.
      Di Ray White Anda merupakan partner kantor dan waktu Anda total untuk Anda. Hanya saja, agar bisa berkembang bagi marketing-marketinf baru, diharapkan mengikuti rutinitas meeting yang di schedule kan oleh kantor.
      Dengan begitu bisa cepat belajar dan cepat closing.
      Tidak ada denda. Hanya saja keaktifan akan membawa banyak kebaikan bagi marketing itu sendiri.
      Kalau dikantor saya, ada meeting setiap hari Rabu, apabila terlambat atau tidak dapat hadir kena denda 10rb. Itupun denda untuk konsumsi saat meeting. seperti itu.

  2. halo mas. kalo di jakarta pusat atau selatan, apakah ada rekomendasi kantor ray white yang baik utk seorang marketing pemula? misalnya yang mengadakan banyak training intensif dsb.?

    • Halo mas stafarda. maaf mas, Saya sendiri kurang tahu daerah jakarta pusat mas. Saya berada di area surabaya mas.
      Tapi, kalau mas berminat, coba saja pilih salah satu dari Ray White di Jakarta. Klik ini mas
      Untuk pelatihan, mas pasti mendapatkan pelatihannya.
      Sering kog ada pelatihan dan kalau di Ray White memang diadakan pelatihan secara berkala.
      Silahkan dicoba, semoga sukses mas.

    • Silahkan mas. Coba cari dimana lokasi Ray White atau agent properti lainnya di sekitar anda.
      Silahkan langsung membawa cv anda trus ke lokasi kantor. Tapi, alangkah lebih baik jika mas telpon dulu, persyaratannya apa saja untuk bergabung jadi agent property di agent pilihannya mas.
      Semoga sukses ya.
      Trimakasih sudah berkunjung dan berkomentar.

  3. Halo mas, thanks untuk infonya ya. Boleh share pengalaman mas mengenai closing, biasanya dalam 1 tahun ada berapa closing yang mas berhasil lakukan?

    • Ini sebenernya share saya pertama lali masuk ray white mbak.
      Kurang lebih saya di ray white masih 1 tahun. Selama ini closing masih belum sampai sepuluh kali.
      Memanh sih, untungnya besar kalau masuk agen properti. Tapi kesulitan menjualnya juga sebanding dengan keuntungannya.
      Kalau saya melihat senior-senior saya, hampir setiap bulan min 1 kali menjual. Bahkan ada yang bisa lebih.
      Jadi tergantung kerja keras individu, disisi lain, juga bergantung pada kemampuan membangun relasinya. Banyak lagi sih yang berpengaruh.
      Selama mbak siap, silahkan dicoba. Semoga sukses mbak.
      Trimakasih sudah berkomentar.

      • Dear pak Mahim

        selamat sore Maaaf pak saya Reni, Raywhite Pak saya mau tanya, Icon mall Apartment masih ad gx unit nya.,?

        salam Reni

        2015-11-07 12:17 GMT+07:00 MahinMuhammad :

        > mahinmuhammad commented: “Masih bisa Mbak Reni. Silahkan datang ke kantor > agen Ray White yang Mbak pilih. Sambil membawa CV pastinya. Semoga sukses > Mbak Reni.” >

  4. Siang mas,
    mau tanya agak banyak nih hehe..
    1. Listing properti buat dijual itu kita cari sendiri atau udah dsediakan oleh Ray White-nya?
    2. Kan di jalan kita suka liat ada rumah yang ada banner Ray White sama ada nama agennya, nah itu maksudnya kita ga bisa jual property itu kah walau sama2 agen ray white? terus kalo bisa jual, apa kita bagi hasil komisi dengan agen yg namanya terpampang di banner itu?
    3. Ada kejar setoran ga? biasa kan sales ada target closing gt
    4. Apa ada listing orang yang bisa dihubungi sebagai prospek buyer di kantor Ray White? Kalo ada, apa kita bisa menggunakan listing itu?
    5. Untuk yang bertemu notaris dan camat lurah gitu mengenai pemindahan nama di sertifikat tanah apa agen yg urus? atau setelah deal harga property kita langsung serahkan semua birokrasi ke staf internal (orang yg bekerja di dalam kantor) ray white?
    Trims ya btw hehe

    • Saya jawab sebatas sepengetahuan saya ya.
      1. Listing properti buat dijual itu kita cari sendiri atau udah dsediakan oleh Ray White-nya?
      jawab : Kita cari sendiri dengan menghubungi properti yang dijual, informasi yang kita dapatkan itu disebut sebagai listingan Anda.

      2. Kan di jalan kita suka liat ada rumah yang ada banner Ray White sama ada nama agennya, nah itu maksudnya kita ga bisa jual property itu kah walau sama2 agen ray white? terus kalo bisa jual, apa kita bagi hasil komisi dengan agen yg namanya terpampang di banner itu?

      Jawab :
      Bisa, kita bisa menjualkannya mas. Pastinya dengan menghubungi agent yang bersangkutan tersebut dengan kesepakatan mas. Ada juga sih yang tidak memperbolehkan. Itu kembali ke individu agentnya mas.
      Kalau boleh, pasti ada hasil bagi mas.

      3. Ada kejar setoran ga? biasa kan sales ada target closing gt

      Jawab :
      Tidak ada mas. Karena kita tidak mendapatkan fix sallary. Kita hanya mendapatkan sallary by commission.

      4. Apa ada listing orang yang bisa dihubungi sebagai prospek buyer di kantor Ray White? Kalo ada, apa kita bisa menggunakan listing itu?

      jawab :
      Sebagian ada mas, cuman itu kalau kita ada proyek yang kita pegang secara exclusive, baru pihak kantor memberikan data prospek yang bisa kita hubungi. Namun, untuk menawarkan listingan pribadi kita, kita dituntut secara pribadi mencari prospek sendiri mas.
      Namun, pastinya dikantor akan ada team work, sehingga, ketika kita sharing listingan kita, mereka menawarkan beberapa data base mereka yang mencari sesuai listingan kita.

      5. Untuk yang bertemu notaris dan camat lurah gitu mengenai pemindahan nama di sertifikat tanah apa agen yg urus? atau setelah deal harga property kita langsung serahkan semua birokrasi ke staf internal (orang yg bekerja di dalam kantor) ray white?

      jawab :
      Perlu diketahui, hampir semua yang bersangkutan dengan transaksi, agent yang mengurusnya, admin di kantor maupun staff lainnya membantu menyiapkan kebutuhan data dan surat menyuratnya mas.
      Karena komisi secara penuh masuk di kantong agent yang bersangkutan.

      Sudah sepantasnya, pemasukan besar, usaha juga besar. Bukan begitu mas.🙂
      salam sukses. Semoga menjawab. terimakasih sudah berdiskusi. Kalau ada yang mau menambahkan, silahkan.🙂

      • Jadi di Ray White, kita hanya meminjam nama company Ray White ya kalo listingan property kita cari sendiri?
        Kesimpulannya, listing property kita dapat dari cari sendiri dan bekerjasama dengan agen lain. Listing prospek buyer juga kita cari sendiri (relasi kita hrs luas) dan bisa tukar database prospek dengan agen lain. Benar begitu mas?

        Lalu apa Ray White mengadakan kelas bersifat teknikal? Sebagai contoh, apa yang harus diperhatikan pada rumah2 yang orang lain minta kita jualkan (misal: apa rumah ini layak djual, alasan djual,dll) dan apa yang perlu disiapkan bila mereka setuju minta kita jualkan (misal: dokumen2, kontrak agar klien tidak beralih ke agen lain dalam periode yg ditentukan). Materi yang org di luar property dan arsitektur belum tentu tahu hal itu.

        Maaf mas kebanyakan tanya hehe..
        Masih bimbang antara ikut Ray White atau jadi independent broker. Saya kira dulu kalo di Ray White pasti ada listingan property buat yg agen pemula, setelahnya baru tambah sendiri tapi setidaknya ada produk jualan dulu, susah kan nemu rumah yg mau djual dan yg mau beli kalo ga ada relasi, tapi ternyata tidak ya..
        Tapi saya masih mempertimbangkan soal bisa kenalan dan berbagi dengan agen lain, ilmu yg ga bisa kita dpt dr independent (training class), dll

      • Iya benar mas. Kurang lebih seperti itu mas. Kalau analoginya seperti ini mas. “Kalau bisa berjalan lebih cepat dengan lamborgini (meskipun bukan milik sendiri),mengapa harus memulai dengan jalan kaki.” Hehe
        Artinya, dengan membawa nama merk yang mendunia, kita akan lebih cepat mendapatkan trust. Minimal untuk pemula dengan membawa merk tersebut.

        Untuk database prospek, mas bisa juga cari dengan memasang iklan. Dan juga internet. Selain dengan tukar data base dengan agent lain.

        Ada mas. Pelatihan mas. Namun tidak secara detail mas. Karena, sering kali yang dilapangan sangat berbeda dengan teori. Intinya untuk sukses sebagai agent properti, masnya harus punya jam terbang tinggi, sehingga banyak sekali pengalamannya mas.
        Team di Ray White (tidak menutup kemungkinan agent lain) sangat support mas. Kita ada meeting setiap minggu. Didalam meeting itu setiap pertanyaan kita akan ditampung dan dijawab oleh senior kita mas. Itu lebih berbobot materinya dari pada kelas khusus mas. 😄

        Jangan sungkan mas. Saya juga masih belajar mas. Akan saya jawab sesuai spengetahuan saya mas.

        Masalah menjadi independent broker maupun ikut agent, silahkan dipertimbangkan mas.
        Yang pasti, kalau ikut agent, masnya naik lamborgini, hanya tinggal menyesuaikan dan terus upgrade diri saja mas.
        Tapi, kalau independent, masnya mulai semua dari nol. Dan itu butuh efford yang tidak biasa. Kalau mas bisa sukses dengan menjadi broker independent, saya acungi jempol. Mas awsome banget! Hehe Tapi, saya yakin semua orang bisa, hanya kekuatan kemauan yang membedakannya.

        Semoga sukses mas. Salam kenal. ☺

  5. salam kenal dan sukses mas. mau tanya misal kan saja saya jadi agen raywhite. saya sdh berkeluarga dan punya anak tetapi keluarga saya menuntut agar menyisakan waktu buat mereka misal kan sabtu dan minggu saya tidak boleh kerja serta kerja hanya boleh sampai jam 6 sore dan liburan selama 2 minggu tiap 6 bulan sekali terutama pas sekolah libuar pertengahan dan akhir tahun. apakah sistem kerja seperti itu bisa saya terapkan di raywhite ? dengan tidak mempermasalahkan apakah akan ada customer yang telp atau tidak. trims

    • Sangat boleh. Karena semua klien yang handle Anda sendiri mas. Bisa dibilang menjadi broker properti layaknya anda menjadi seorang pengusaha. Menginfestasikan waktu, tenaga, dan pikiran untuk penghasilan anda sendiri. Semakin anda fokus. Sangat semakin mungkin untuk cepat anda memetik buahnya. Salam kenal dan sukses mas.

    • Materinya tentang apa saja yang diperlukan untuk menarik buyer, dealing dengan buyer, dan juga cara mencari listingan. Lumayan banyak. coba silahkan hubungi kantor Ray White terdekat dikota anda ya.
      Untuk waktu, relatif, biasanya ada yang 2 minggu dan ada yang 1 minggu saja.
      Maa baru bisa membalas.

  6. Saya seorang karyawan yang memang dibagian marketing jga.
    Karena saya tahu betul marketing property uangnya besar, saya tertarik untuk cari freelance marketing property. Nah apakah ray white mau terima yg kasusnya seperti saya yaitu seorang karyawan.
    Dan ini hanya dijadikan sampingan (karena berpikir tidak ada gapok) takut2 belum bisa closing.

    • Bergantung kebijakan masing-masing kantor, soalnya banyak juga yang ikut dan sudah membayar, tapi tidak aktif. Sbenarnya itu hanya uang komitmen saja. Toh kemudian setelah closing, uang itu tidak ada sekian persennya dari jumlah closing 1 rumah 90/120. Hehe

      • Selamat siang

        Pak mahim msih ingat dengan sy Reni, dr RAY WHITE bukit darmo 1Th yg lalu.

        Sekarang sy di lampung, fokus di RW bandar Lampung pak.

        Sy mau tanya boleh,.

        Salam Reni

        Dikirim dari ASUS saya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s