Fakta lebah madu

Alangkah baiknya kita tahu tentang fakta lebah madu agar kita tidak termasuk di kategori “kacang lupa kulitnya” atau “buah lupa akarnya”.

Fakta lebah madu

Kerajaan: Animalia
Filum : Arthropoda
Kelas : Insecta
Order : Hymenoptera
Famili : Apidae
Genus : Apis

Nama : Lebah madu
Nama ilmiah : Apis
Ditemukan :  diseluruh dunia
Jenis hewan (berdasarkan makanan) : Herbivora
Ukuran :  5-15mm
Jumlah spesies : 7
Umur rata-rata : 6 minggu
Status konservasi : Endangered

Warna : Coklat, kuning, hitam
Jenis Kulit : Rambut
Makanan favorit : Nectar
Hutan dan padang rumput terlindung : Habitat
Rata-rata ukuran litter : 200
Main Prey : Nectar, Pollen, Madu
Predator : Burung, Hewan Pengerat, Reptil, Serangga
Fitur Khusus : Hitam dan kuning tubuh dan sengatan di ekor betina

fakta lebah madu

Lebah Madu

Makhluk kecil nan imut ini memiliki peranan yang sanagt besar di rantai kehidupan di bumi ini, karena ada lebah, penyerbukan bunga-bunga terbantu, karenanya petani mendapatkan pemasukan, karena lebah juga manusia dapat merasakan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi madunya.

Lebah madu hidup di hutan liar, hutan buatan, padang rumput, dan mungkin ada dikebun kita yang kita tidak memperhatikan keberadaannya. Diduga madu lebah berasal dari hutan-hutan asia tenggara dan kemudian menyebar. Hampir di seluruh hutan di dunia ini lebah madu tersebar, akan tetapi hanya ada 7 spesies lebah madu yang diakui dari 20.000 spesies lebah berbeda yang ditemukan di seluruh dunia, akan tetapi ada spesies-spesies tertentu yang memiliki subspesies lebah itu sendiri. Ada 44 subspesies yang telah diketahui dari 7 spesies lebah madu. [ada juga lho lebah pembunuh, klik disini]

Lebah madu membangun dan menghuni sarangnya yang dijalankan oleh penguasa “cewek”, yaitu “the Queen” atau ratu lebah. Nah, madu ini diolah dari nektar-nektar yang telah dikumpulkan oleh lebah-lebah “prajurit/pekerja” disarang mereka.

Lebah madu berkomunikasi dengan lebah madu yang lain dengan menggunakan bahasa gerakan, yaitu seperti tarian, yang mana gerakan-gerakan itu dibuat oleh ekor lebah madu. Komunikasi ini berfungsi sebagai radar ketika ada bahaya yang mendekat menuju ke sarang mereka. Disini lah manusia harusnya mengagumi ciptaan Tuhan yang satu ini, kecil, mungil, imut, akan tetapi memiliki peran besar di kehidupan alam semesta.
Lebah madu termasuk hewan herbivora karena hidup hanya dengan mengambil nutrisi dari tanaman sebagai makanan mereka. Lebah madu sangat suka makanan yang manis, seperti nektar, serbuk sari, buah-buahan dan bahkan madu itu sendiri.

Karena ukuran lebah madu yang mungil ini, lebah madu memiliki musuh, ah lebih tepatnya predator yang cukup banyak. Burung, mamalia kecil, reptil, dan beberapa serangga lain yang juga memangsa lebah madu ini. Ada juga mamalia yang imut tapi besar yang menyerang lebah madu ini dalam rangka mendapatkan makanan, yaitu beruang madu.

Sekian informasi tentang lebah madu, semoga bermanfaat. Mari menajaga kelestarian lingkungan sehingga lingkungan melestarikan kehidupan umat manusia. Salam Kerja Cerdas, Kerja Keras, dan SUKSES!!!

Sumber : http://a-z-animals.com/animals/honey-bee/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s