Cara menguji madu asli dan madu palsu [tidak murni]

Saat ada seseorang tanya keaslian madu yang saya jual, Saya mulai mencoba browsing tentang bagaimana menguji madu murni. Berikut ini cara menguji apakah madu tersebut murni atau buatan.

Menguji Madu Asli dan Madu Palsu

1. Uji Ibu Jari

Teteskan madu di ibu jari anda, ketika madu tersebut tidak langsung tumpah, maka madu tersebut asli. Sebaliknya, ketika madu tersebut tumpah, maka madu tersebut tidak murni [asli].

kental2. Uji Air

Larutkan madu ke dalam segelas air tawar sebanyak 1 sendok makan. Madu asli akan mengendap di dalam gelas tersubut dan tidak larut dalam air [kecuali diaduk, tapi akan tetap ada partikel-partikel madu yang terlihat, tidak larut seperti gula]. Sebaliknya, jika madu tersebut buatan, maka madu tersebut mudah larut dalam gelas bersama air.

larutkan madu di air

3. Uji Shelf Life

Madu murni [asli] akan secara bertahap mengkristal, sebaliknya jika tidak murni, tidak akan mengkristal. Untuk mengatasi maddu yang mengkristal ini, jangan terburu-buru dibuang, karena masih dapat dimanfaatkan. Caranya, panaskan secara perlahan untuk mencegah kerusakan madu, letakkan toples atau botol yang berisi madu dalam panci berisi air hangat. Atur panasnya smapai suhu sedang-rendah dan aduk sampai kristalnya larut.
Cara cepatnya, masukkan madu dalam microwave selama 30 detik, aduk rata,biarkan dingin selama 20 detik kemudian panaskan lagi 30 detik. Jika masih ada butiran yang perlu dilarutkan, aduk lagi dan dinginkan seperti cara yang telah disebutkan sebelumnya.
Madu kristel aman untuk dikonsumsi, madu tidak akan ada kadaluarsa, tapi lebih baik dikonsumsi sebelum 2 tahun karena kondisi penyimpanan mempengaruhi rasa madu. [sumber]
4. Uji Api

dapat terbakar

Celupkan ujung batang korek api dan kemudian bakar korek api tersebut, maka korek api tersebut akan mudah terbakar, sebaliknya madu “tidak murni” tidak menyala karena kelembabannya yang dikandungnya.

Ini ada videonya ~> [iklan]😀

Sumber : klik

Kunjungi untuk pemesanan ~> JUAL MADU

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s