Faktor-faktor yang menentukan terjualnya properti

Di dunia properti juga banyak sekali hal-hal yang perlu kita pelajari sebagai calon pembeli maupun calon penjual tanah, rumah, pabrik, dan ruko dan atau jenis properti lain. Beberapa hal yang perlu dipelajari calon pembeli maupun calon penjual tanah tentunya berhubungan dengan manfaat properti untuk pembeli dan rentang waktu penjualan bagi calon penjual properti. Secara singkat kita katakan bahwa pembeli butuh manfaat properti sesuai kebutuhannya, penjual butuh rentang waktu jual properti seminimal mungkin. Keduanya sangat erat kaitannya untuk properti cepat terjual.

mahinmuhammad properti

sumber gambar rumah

Faktor penentu properti cepat laku

Pembeli dan penjual akan cepat terjadi transaksi ketika faktor-faktor penunjang manfaat properti sesuai kebutuhan pembeli dan dimiliki penjual. Berikut ini faktor-faktor yang menentukan terjualnya properti :

  1. Lokasi

    Faktor ini sering menjadi bahan pembicaraan pertama antara calon buyer dengan marketing executive Ray White. Karena buyer membutuhkan lokasi tertentu untuk kebutuhan tertentu. Salah satu contoh, ketika seseorang membutuhkan tanah yang akan digunakan sebagai ruko, pastilah seorang pembeli akan meminta lokasi yang ramai, akses mudah, dan dekat dengan pusat kota.

  2. Bentuk Tanah

    Ini faktor kedua yang akan menjadi faktor pendukung cepat atau lambatnya suatu properti terjual. Lagi-lagi sesuai kebutuhan buyer-nya. Ketika buyer-nya membutuhkan sebagai rumah pribadi pastilah mereka butuh tanah yang mudah dibagi sesuai kebutuhan kamar mereka dan anggota keluarga mereka. Kalau tanahnya berbentuk tidak teratur, pasti juga kesulitan membagi menjadi ruangan yang sesuai kebutuhan mereka, bahkan mungkin butuh arsitektur yang pro untuk mengaturnya sehingga menjadi bangunan rumah yang eksotis.

  3. Harga

    Faktor ini terkadang tidak menjadi faktor terpenting bagi mereka yang membutuhkan properti, karena seringkali ada buyer membeli suatu properti dengan harga yang sangat mahal. Kenapa? karena mereka benar-benar sangat suka dan nyaman dengan properti tersebut, ketika tujuannya sebagai tempat tinggal. Atau, ketika properti tersebut memilik prospek beberapa tahun ke depannya sangat bagus. Tetapi, memang faktor ke tiga ini juga menjadi salah satu faktor yang menunjang cepat terjualnya suatu properti, jadi saran saya, bagi para calon penjual sebaiknya dijual dengan harga yang sesuai pasarannya dan kondisi propertinya.

  4. Usia Bangunan

    Ketika suatu rumah atau gedung yang berumur 30 tahun dijual dan ada di lokasi lain rumah atau gedung [spesifikasi sama] berumur 2 tahun dijual, kira-kira pilih yang mana calon buyer-nya? Saya kira ini sudah sangat jelas sekali, meskipun harganya lebih mahal yang berumur 2 tahun, sangat memungkinkan untuk membeli yang berumur 2 tahun.

  5. Material Bangunan

    Hampir sama dengan faktor nomer 4, tapi berbeda. Ketika suatu bangunan yang memiliki umur 30 tahun, akan tetapi bahan yang digunakan untuk membangunnya memiliki kualitas 1 atau bahkan super, dan bangunan dirawat dengan baik akan memiliki nilai yang lebih tinggi lagi, karena bangunan tersebut memiliki sejarah yang panjang.

  6. Feng Shui

    Nah, untuk yang ini tidak semua calon buyer memasukkannya sebagai pertimbangan dalam membeli properti. Ini berhubungan dengan keyakinan, akan tetapi memang, ini juga faktor yang memperluas kemungkinan cepat terjualnya suatu properti.

  7. Rancangan Arsitek

    Kalau ini sih sudah pasti bergandengan dengan yang namanya harga, ketika suatu struktur bangunan dirancang oleh arsitektur terkenal jelas berbeda harga dengan bangunan yang dibangun oleh arsitektur yang belum terkenal. Ini juga menjadi satu daya tarik tersendiri bagi calon buyer, karena ini akan berhubungan dengan kenyamanan visual, selain kenyamanan sebagai tempat tinggal atau lainnya.

Itulah beberapa faktor yang mungkin sekali menjadi faktor pendukung cepatnya suatu properti terjual, semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s