Apa itu koordinat kartesius

Banyak yang sudah tahu apa itu koordinat kartesius karena mulai dari kelas 6 SD kita sudah diperkenalkan tentang koordinat kartesius. But, apakah kita pernah diberikan cerita tentang bagaimana sebenarnya koordinat kartesius sejarahnya dan apa manfaatnya. Nah kali ini saya menuliskan tentang sejarah singkat koordinat kartesius ini.

descartes koordinat kartesius mahinmuhammad

sumber : slidesharecdn.com

Koorinat kartesius (Cartesian coordinates/orthogonal coordinates)

Dalam bahasa inggris dituliskan Cartesian coordinates/orthogonal coordinates yang mana cartesian diambil dari kata nama penemunya dalam bahasa Latin. Nama penemunya adalah Rene Descartes (1596-1650), di karya terkenalnya pada tahun 1637, La geometrie (Geometri), seorang matematikawan dan filusuf dari Perancis, pada abad 17, yang dalam bahasa latinnya dia memiliki nama Cartesius. Penemuan ini merupakan salah satu penemuan yang memberikan satu pukulan yang bagus untuk mempercepat perkembangan ilmu matematika. Why, karena sistem koordinat kartesius (Cartesian Coordinates System) ini memiliki peran dalam menyatukan Geometri dan Aljabar. Bagaimana bisa dikatakan seperti itu? koordinat kartesius menyajikan sebuah cara dalam merepresentasikan setiap titik pada bidang datar melalui pasangan-pasangan bilalngan, lebih jelasnya di bawah akan muncul tulisan mengapa ini bisa terjadi.

koordinat kartesius

Penemuan besar ini memberikan kemudahan bagi kita makhluk yang mencintai matematika akan tetapi yang memiliki daya fikir tidak seperti Cantor akan sangat terbantu, karena dengan adanya sistem koordinat kartesius ini kita menjadi semakin mudah dalam menuangkan bagaimana keadaan suatu permasalahan Aljabar jika direpresentasikan dalam bentuk gambar (Geometri). Jadi alangkah baiknya kita berterimakasih kepada Descartes.

Sangat mudah alam menggambar koordinat kartesius ini, saya mau menuliskannya meskipun anda sudah tahu. hehehe

Caranya, dimulai dengan memunculkan titik O (Original) sebagai titik asal. Selanjutnya dari titik O tersebut kita buat dua garis yang saling tegak lurus dan berpotongan di titik O, oleh karena itu mengapa koordinat kartesius juga disebut sebagai Orthogonal cordinates, karena Orthogonal sendiri memiliki arti tegak lurus.

Nah, titik O merupakan tempat berpijaknya 0. Pada garis horizontal, tepatnya sisi sebelah kanan bilangan 0 merupakan tempat bilangan -bilangan real positif bertempat tinggal. Sebaliknya,sisi sebelah kiri merupakan tempat tinggal bilangan-bilangan real positif. Pada garis yang vertical, sisi bawah bilangan 0, merupakan tempat tinggal bilangan real negatif.Sebaliknya, tempat tinggal bilangan positif bertempat tinggal.

Selanjutnya, garis horizontal yang selanjutnya sebagai garis – x diberikan nama “abcissa” dan garis vertical disebut sebagai garis – y diberikan nama “ordinate“. Nah, barulah di sini muncul jawaban “apa maksud menggabungkan/menyatukan Geometri dan Aljabar”, ketika kita memiliki titik P pada bidang kartesius, maka titik P adalah pasangan dari (x,y), dimana x,y\in\mathbb{R}.

Okay, semoga informasi ini menambah kuatkan ingatan kita tentang bagaimana sejarah singkat koordinat kartesius.

2 thoughts on “Apa itu koordinat kartesius

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s